Jumat, 04 Maret 2011

Prinsip Kemoterapi


Kanker adalah pertumbuhan sel yang tidak terkendali ditambah dengan perilaku ganas: invasi dan metastasis. Kanker diduga disebabkan oleh interaksi antara kerentanan genetik dan racun lingkungan.

Dalam arti luas, paling''''obat kemoterapi bekerja dengan mempengaruhi mitosis (pembelahan sel), efektif menargetkan cepat membagi sel. Seperti obat-obatan ini menyebabkan kerusakan pada sel mereka disebut''''sitotoksik. Beberapa obat menyebabkan sel untuk menjalani apoptosis (yang disebut "kematian sel diprogram").

Para ilmuwan belum dapat mengidentifikasi fitur khusus dari sel-sel ganas dan kekebalan tubuh yang akan membuat mereka unik ditargetkan (pembatas beberapa contoh baru-baru ini, seperti kromosom Philadelphia yang ditargetkan oleh imatinib). Ini berarti bahwa cepat lain-membagi sel, seperti mereka yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut dan untuk penggantian epitel usus (lapisan), juga sering terpengaruh. Namun, beberapa obat memiliki profil efek samping yang lebih baik daripada yang lain, memungkinkan dokter untuk menyesuaikan rejimen pengobatan menguntungkan bagi pasien dalam situasi tertentu.

Sebagai kemoterapi mempengaruhi pembelahan sel, tumor dengan fraksi pertumbuhan tinggi''''(seperti leukemia myelogenous akut dan limfoma agresif, termasuk penyakit Hodgkin) lebih peka terhadap kemoterapi, sebagai proporsi yang lebih besar dari sel-sel target sedang mengalami pembelahan sel pada setiap waktu. Keganasan dengan pertumbuhan yang lambat, seperti limfoma, cenderung merespon kemoterapi jauh lebih sederhana.

Obat mempengaruhi "muda" tumor (misalnya, lebih dibedakan) lebih efektif, karena mekanisme yang mengatur pertumbuhan sel biasanya masih dipertahankan. Dengan generasi-generasi sel tumor, diferensiasi biasanya hilang, pertumbuhan menjadi kurang diatur, dan tumor menjadi kurang responsif terhadap sebagian besar agen kemoterapi. Dekat pusat dari beberapa tumor padat, pembelahan sel secara efektif telah berhenti, membuat mereka tidak peka terhadap kemoterapi. Masalah lain dengan tumor solid adalah kenyataan bahwa agen kemoterapi sering tidak mencapai inti dari tumor. Solusi untuk masalah ini termasuk terapi radiasi (baik brachytherapy dan teleterapi) dan bedah.

Seiring waktu, sel-sel kanker menjadi lebih resisten terhadap pengobatan kemoterapi. Baru-baru ini, para ilmuwan telah mengidentifikasi pompa kecil di permukaan sel-sel kanker yang aktif bergerak kemoterapi dari dalam sel ke luar. Penelitian p-glikoprotein dan pompa kemoterapi lainnya seperti penghabisan, saat ini sedang berlangsung. Obat untuk menghambat fungsi p-glikoprotein sedang menjalani pengujian pada Juni 2007 untuk meningkatkan efektivitas kemoterapi.


Artikel lainnya di Analisis Dunia Kesehatan

0 komentar: