Rabu, 12 Oktober 2011

Jangan asal KENYANG Namun Kurang NUTRISI



Untuk mencegah mengatasi anemia dan mengatasi anemia perlu dilihat dulu penyebabnya. Jika penyebabnya parasit maka parasit harus diobati. Namun jika penyebabnya asupan yang kurang maka yang harus diperbaiki adalah pola makan nya. Gizi makanan memang sangat berkaitan dengan anemia, oleh karena itu sebaiknya perbaikan pola makan dengan mengkonsumsi asam folat dan zat besi (Fe) yang berperan dalam membentuk sel darah merah. Jadi tidak cukup hanya karbohidrat saja. Protein lainnya seperti daging, telur, dan susu juga dibutuhkan. Kalu tidak ada daging cukup protein nabati untuk menggantikannya misalnya dari tahu dan tempe.
Asam folat dapt diperoleh dari daging, sayuran hijau, dan susu. Sementara zat besi (Fe) yang merupakan mineral sangat penting bagi tubuh dapat diperoleh dari sayuran hijau dan daging, hanya zat besi yang berasal dari sayuran lebih sulit diserap oleh tubuh dibanding dari daging.
Mengkonsumsi suplemen penambah zat besi juga bisa membantu mencegah dan mengatasi anemia. Tetapi sebaiknya tidak tergantung ada obat dan suplemen saja. Obat atau suplemen hanya untuk membantu, yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga pola makan yang baik.

Artikel lainnya di Analisis Dunia Kesehatan

0 komentar: