Selasa, 11 Oktober 2011

Sayuran dapat mengobati Anemia




Berikut adalah kandungan zat gizi yang dibutuhkan untuk perderita anemia beserta dengan sumber makanannya :
  1. Zat besi ,- dapat ditemukan pada daging. Sumber lainnya adalah kacang, sayuran berwarna hijau gelap, buah yang dikeringkan dan lain – lain.
  2. Folat ,- dapat ditemukan pada jeruk, pisang, sayuran yang berwarna hujau gelap, kacang – kacangan, sereal dan pasta.
  3. Vitamin B12 ,- vitamin ini banyak terdapat pada daging dan susu.
  4. Vitamin C ,- membantu penyerapan zat besi : makanan yang banyak mengandung vit. C adalah jeruk, melon dan buah beri.
Makanan yang mengandung zat besi penting untuk mereka yang membutuhkan zat besi tinggi seperti pada anak – anak, wanita mentruasi dan wanita hamil. Zat besi yang cukup juga pentin untuk bayi, vegetarian dan atlet.
Tapi sebenarnya anemia juga mengancam kalangan remaja, diperkirakan 25% remaja indonesia mengalami anemia. Meski tidak menular namun anemia sangat berbahaya karena bisa mempengaruhi derajat kesehatan calon bayinya kelak, bila pada saat anemia kemudian pada saat hamil dan melahirkan bayinya juga akan terkena anemia. Zat besi juga penting untuk bayi yang berguna untuk perkembangan otaknya.
Selain pemberian tablet zat besi, penderita anemia dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandug zat besi tinggi seperti daging. Pada anemia yang berat tindakan medis yang mungkin dilakukan berupa pemberian obat yang merangsang pembentukan darah merah atau transfusi darah.


Artikel lainnya di Analisis Dunia Kesehatan

0 komentar: