Kamis, 03 November 2011

Siklamat




Siklamat merupakan salah satu zat pemanis non nutritif hasil sintesis dari reaksi kimia. siklamat terdapat dalam dua macam yaitu asam dan garamnya . Natrium siklamat adalah bentuk garam yang sering digunakan sebagai pemanis sintetik.

Pemerian Siklamat
1. Natrium Siklamat
Rumus molekul : C6H12NNaO3S

Rumus bangun : - NH – SO3 – Na

Berat molekul : 201,22
Kelarutan : Larut dalam 5 bagian air, dalam 250 bagian etanol (95%) P dan dalam 25 bagian propilen glikol P, Praktis tidak larut dalam klorofom P dan dalam eter P

Pemerian : Hablur atau serbuk hablur, putih, tidak berbau atau hampir tidak berbau, rasa agak manis walaupun dalam larutan encer.

2. Kalsium Siklamat
Rumus molekul : C6H11NcaO3S

Rumus bangun : - NH – SO3 – Ca

Berat Molekul : 219

Kelarutan : Larut dalam 4 bagian air, dalam 50 bagian alchohol dan dalam 1,5 bagian propilen glikol ; praktis tidak larut dalam kloroformdan eter etanol.

Pemerian : Putih tidak bera atau hampir tidak brbau, hablur atauserbuk, rasa sangat manis walaupun dalam larutan encer.

2.4.2 batas Maksimum Penggunaan Siklamat

Menurut PERMENKES R o.7/Menkes/pPer/IX/1988 tentang bahan Tambahan Makanan, Batas maksimum penggunaan siklamat adalah sebagai berikut :

No
Jenis /Bahan Makanan
Batas Maksimum Penggunaan Siklamat
1
Permen Karet
500 mg/Kg dihitung sebagai asam siklamat
2
Permen
1 mg/Kg dihitung sebagai asam siklamat
3
Saus
3 mg/Kg dihitung sebagai asam siklamat
4
Eskrim dan sejenisnya
2 mg/Kg dihitung sebagai asam siklamat
5
Es lilin
3 mg/Kg dihitung sebagai asam siklamat
6
Jem dan jeli
2 mg/Kg dihitung sebagai asam siklamat
7
Minuman Ringan
3 mg/Kg dihitung sebagai asam siklamat
8
Minuman Yoghurt
3 mg/Kg dihitung sebagai asam siklamat
9
Minuman fermentasi
500 mg/Kg dihitung sebagai asam siklamat

(Depkes RI, 1988)

Toksisitas Siklamat

Kontroversi penggunaan siklamat baru muncul pada tahun 1969. Ketika itu, FDA menemukan bukti bahwa campuran siklamat dan sakarin dapat menyebabkan kanker kandung kemih, mutasi, cact lahir, dan gangguan saluran testis (Testicularis demage) pada hewan. Akhirnya FDA pada tahun itu juga melarang penggunaan siklamat .

siklamat pada dasarnya hanya boleh digunakan atau dikonsumsi khusus untuk penderita diabetes (kencing manis), sedangkan untuk makanan dan minuman konsumsi untuk anak- anak dan bukan penderita diabetes tidak diperbolehkan.
Siklamat berbahaya karena hasil metabolismenya yaitu sikloheksilamin bersifat karsinogenik sehingga ekskresi lewat urine dapat merangsang pertumbuhan tumor pada kandung kemih tikus. tumor ditemukan terdapat pada saluran kandung kemih tikus yang diberi dosis sikloheksilamin (125 mg/kg per hari ) melalui makanan selama 78 minggu .

Artikel lainnya di Analisis Dunia Kesehatan
Reaksi:

0 komentar: