Jumat, 09 Desember 2011

Jus Jambu Biji Merah Bermanfaat Bagi Kesehatan



Jambu biji dengan nama latin Psidium Guajava Linn mempunyai manfaat yang sangat besar. Terutama untuk membantu pengobatan penyakit demam berdarah. Gejala awal demam berdarah yang sangat mirip dengan penyakit tifus bisa mengaburkan diagnosa awal. Kadar Trombosit darah dibawah rata-rata membuat kami panik.

Penyakit demam berdarah (Dengue Fever) hingga saat ini belum ditemukan obatnya. Yang bisa dilakukan adalah pencegahan dengan mengurangi habitat nyamuk pembawa penyakitnya. Dan kalau sudah terjangkit penyakitnya, yang bisa dilakukan adalah mengandalkan sistem pertahanan tubuh sendiri dalam memerangi penyakit tersebut dan berdoa. Obat-obatan yang diberikan oleh dokter hanya untuk mengurangi gejala penyakit dan membantu kerja sistem kekebalan tubuh.

Apa yang terkandung pada jambu biji ini?Ternyata kandungan vit.C-nya jauh lebih tinggi dari jeruk (jambu 183,5 mg dan jeruk mandarin 30,8 mg). Kemudian ada juga kandungan asam amino (triptofan, lisin), kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A dan B1. Ada kandungan pektin yang dapat menurunkan kolesterol. Juga kandungan tanin yang bersifat astringent yang bermanfaat sebagai anti diare dan mengurangi kontraksi usus sehingga menghentikan diare.

Sebutir jambu biji dengan manfaat yang besar, bukan?!

Artikel lainnya di Analisis Dunia Kesehatan

0 komentar: