Selasa, 27 Maret 2012

Promotion Mix


unsur bauran promosi terdiri atas lima perangkat utama, yaitu :

1) Advertising

Merupakan semua penyajian non personal, promosi ide-ide, promosi produk atau jasa yang dilakukan sponsor tertentu yang dibayar. Hal ini sering disebut dengan periklanan.

Iklan dalam bidang farmasi.
a. Obat-obatan (daftar G, Psikotropika, Narkotika, Bebas, Bebas terbatas, Kosmetika)

b. Apotek

c. PBF

2) Sales Promotion

Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.

Sales Promotion dalam bidang farmasi.

a. Medical Refresentatif

b. SPG farmasi

3) Public relation and publicity

Berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citera perusahaan atau produk individualnya.

Public relation dalam bidang farmasi

Biasanya berkaitan dengan program-program seminar, pertemuan dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan.

4) Personal Selling

Interaksi langsung dengan calon pembeli atau lebih untuk melakukan suatu presentasi, menjawab langsung dan menerima pesanan.

5) Direct marketing

Penggunaan surat, telepon, faksimil, e-mail dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.

Biasanya berkaitan dengan strategi suatu tempat usaha. Contoh apotek melakukan pemantauan penggunaan obat setelah pasien mennggunakan obat.

1. Saluran pemasaran

Saluran pemasaran berkaitan dengan bagaimana barang atau jasa dapat dinikmati atau sampai kepada pelanggan. Berbagai macam cara untuk menyalurkan barang atau jasa tergantung bagaimana pemimpin membuat strategi sesuai dengan masukan dari lapangan (sales promotion dan atau langsung menanyakan kepada konsumen atau calon konsumen).

Saluran pemasaran dibidang farmasi harus mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hasil pelayanan saluran pemasaran adalah terciptanya hubungan bisnis yang baik dan saling menguntungkan antarapelaku pasar.

2. Pasar

Pasar merupakah hal yang penting dalam menyalurkan barang atau jasa.

Jenis – Jenis Pasar dibedakan menurut bentuk kegiatan, cara transaksi dan menurut jenis barangnya.

Pengertian Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa.

Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli.

Syarat terjadinya transaksi

a. ada barang yang diperjual belikan

b. ada pedagang,

c. ada pembeli,

d. ada kesepakatan harga barang,

e. tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Jenis-Jenis Pasar

A.Pasar menurut bentuk kegiatannya.

Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak).

· Pasar Nyata.

Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.

· Pasar Abstrak.

Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan suratdagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.

Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.

· Pasar Tradisional

Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.

· Pasar Modern

Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.

B. Pasar menurut jenis barangnya.

Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan, pasar sayur, pasar buah, pasar ikan dan daging serta pasar loak.

C. Pasar menurut keleluasaan distribusi.

Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:

· Pasar Lokal

· Pasar Daerah

· Pasar Nasional dan

· Pasar Internasional

0 komentar: